Grab this widget at Ilmu Buat Blog .:[CLOSE]:.
Konsultan Pajak wirausaha online

Tuesday, June 28, 2011

Cara Membuat Tombol Share FB, Twitter

Share artikel ini:
Sering kita jumpai dalam sebuah artikel yang diposting di suatu blog atau situs, ada tombol "share" ke Facebook atau Twitter atau social media sejenisnya. Bahkan situs-situs terkenal yang telah memiliki reputasi cukup tinggi juga menampilkan tombol "share" ini. Sebenarnya apakah fungsi dari tombol "share" ini? Dan apakah manfaat dari sebuah blog atau situs yang memasang tombol "share" ke social media seperti ini?

Sebenarnya tombol "share" ke social media yang dipasang pada artikel sebuah blog/situs ini adalah berfungsi bagi para pembaca artikel tersebut untuk memposting link dari artikel yang dibacanya tersebut ke social media seperti Facebook, Twitter, dan sejenisnya. Jadi apabila pembaca meng-klik tombol "share" tersebut, maka dalam account Facebook, Twitter dan social media sejenis milik si pembaca tersebut akan muncul postingan berupa link dari artikel tersebut berikut judul artikel dan beberapa kata dari bagian artikel tersebut.

Menurut Mas Nukman Luthfie dalam materi yang disampaikannya pada acara Blogilicious di Jakarta tanggal 25 Juni 2011 bahwa saat ini marketing melalui social media sangatlah ampuh. Bayangkan ketika artikel yang kita tulis tersebut di-share oleh salah seorang pembaca melalui account Facebook atau Twitter miliknya. Pembaca ini memiliki ribuan friend atau follower dalam kedua social media ini, maka tulisan yang telah di-share-nya tersebut di account Facebook atau Twitter miliknya tentu akan terbaca oleh teman-teman atau follower-nya. Apabila teman-temannya tersebut kemudian melakukan hal yang sama yaitu share link ini dalam account Facebook tersebut, maka dapat dibayangkan betapa besarnya jumlah orang yang secara langsung maupun tidak langsung telah melihat link atau membaca artikel yang kita posting tersebut.

Berbekal oleh-oleh tersebut, penulis menjadi tertarik dengan trik yang diajarkan oleh Mas Nukman ini. Awalnya penulis yang enggan untuk memasang tombol share ke social media ini, karena terkesan akan semakin memenuhi tampilan dari blog milik penulis, namun setelah mendengarkan dan merenungkan ide ini, maka penulis mengambil keputusan untuk memasang tombol ini. Namun agar tampilannya lebih menarik, penulis tidak mengambil tombol "share" yang telah disediakan oleh blogspot. Penulis mencoba untuk mencari script pembuatan tombol share ini supaya tampilannya lebih menarik. Akhirnya penulis menemukan sebuah script untuk membuat tombol ini menjadi lebih menarik di blog kucoba.com, yaitu:

1. Buka menu Edit HTML, click kotak "Expand Widget", kemudian carilah script berikut ini (dengan fasilitas "tekan tombol ctrl+F"):
<div class='post-body entry-content'>

2. Copy dan paste script berikut di atas script <div class='post-body entry-content'>




<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>

<div style='border-top:1px solid #ccc;border-bottom:1px solid #ccc; padding:8px 0px;margin:4px 0px 30px 0px;width:100%;float:left;height:20px;'>

<div style='float:left;padding-left:0px;font:normal 12px Georgia;font-style:Italic;'>

Share this history on :

</div>

<div style='float:left;padding-left:10px;'>

<a name='fb_share' type='button_count'/>

<script src='http://static.ak.fbcdn.net/connect.php/js/FB.Share' type='text/javascript'>

</script></div>

<div style='float:left;padding-left:10px;'>

<a class='google-buzz-button' data-button-style='small-count' href='http://www.google.com/buzz/post' title='Post to Google Buzz'/>

<script src='http://www.google.com/buzz/api/button.js' type='text/javascript'/>

</div>

<div style='float:left;padding-left:10px;'>

<a class='DiggThisButton DiggCompact'/>

<script type='text/javascript'>

(function() {

var s = document.createElement(&#39;SCRIPT&#39;), s1 = document.getElementsByTagName(&#39;SCRIPT&#39;)[0];

s.type = &#39;text/javascript&#39;;

s.async = true;

s.src = &#39;http://widgets.digg.com/buttons.js&#39;;

s1.parentNode.insertBefore(s, s1);

})();

</script>

</div>

<div style='float:left;padding-left:10px;'>

<a class='twitter-share-button' data-count='horizontal' data-via='@User_Name_Twitter' href='http://twitter.com/share'>Tweet</a><script src='http://platform.twitter.com/widgets.js' type='text/javascript'/>

</div>

</div>

</b:if>


Catatan:
gantilah kata yang diberi warna merah (@User_Name_Twitter) dengan nama user account twitter Anda.

Setelah itu simpan dan tombol share sudah akan muncul di artikel kita.

No comments:

Post a Comment

Pasang Iklan Di Sini Rp 100.000

Mobil bekas Rumah dijual Kontak jodoh

Dapatkan Rekening Online - Paypal Mata Uang Rupiah di sini:

    Belajar Pajak

    Berburukuliner

    Berburu Kuliner

    Ilmu Buat Blog