Grab this widget at Ilmu Buat Blog .:[CLOSE]:.
Konsultan Pajak wirausaha online

Friday, August 13, 2010

Monetize Blog (Membuat Blog Sebagai Sumber Penghasil Uang)

Share artikel ini:
Membuat blog bukanlah suatu pekerjaan yang hanya iseng-iseng saja, atau suatu aktivitas yang hanya menghabiskan waktu dan uang saja. Namun dari blog, kita juga dapat memperoleh penghasilan. Bahkan banyak blogger yang sumber penghasilan utamanya adalah dari blog. Menjadikan blog sebagai penghasil uang atau yang sering dikenal sebagai istilah Monetize blog, sebenarnya tidaklah sulit. Berikut jenis-jenis program bagi seorang blogger untuk melakukan monetize blog.

1. Pay Per Click (PPC)

Tidak perlu ditanya, Anda pasti tahu dengan program ini, dimana setiap pengunjung yang mengklik iklan (adsense) akan dibayar dengan nominal tertentu. Seperti yang pernah saya jelaskan, di Indonesia saja sudah lumayan banyak adsense campaign yang memberikan penawaran kepada blogger sebagai sumber uang.

Pelopor PPC adalah Google Adsense. Pada Google Adsense, setiap iklan yang diklik bervariasi harganya mulai dari $0.01 – $3 per klik tergantung iklannya. Misal iklan asuransi dan produk elektronik lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan iklan biasa. Selain itu lokasi Visitor yang melakukan klik juga bisa jadi penentu harga per kliknya. Saat ini yang tertinggi adalah pengunjung dari USA, Kanada dan Inggris yang bisa mencapai $0.3 – $3 per klik.

Cara mengeruk untung dari Google Adsense:
Blogger yang ingin memperoleh penghasilan besar dari Google Adsense harus dapat memperoleh pendapatan dari klik yang dilakukan oleh pengunjung dari USA, Kanada dan Inggris, maka ia menggunakan bahasa Inggris dalam blognya. Ia berusaha membuat suatu tulisan menjadi Viral, apa itu ? maksudnya tulisan itu menjadi booming sehingga menarik visitor sebanyak mungkin. Targetnya dalam 1 jam ada 300 visitor, berarti dalam sehari bisa lebih dari 7.200 visitor. Misal dari 7.200 visitor ini hanya 10 % saja yang mengklik iklan berarti ada 72 klik perhari x $0.3 = $ 21.6 per hari atau Rp. 194.000 an per hari.

Sebenarnya iklan jenis PPC ini tidak hanya Google Adsense saja. Di seluruh dunia telah berkembang berbagai jenis program PPC sejenis dengan Google Adsense, hanya saja penghasilannya serta jenis iklannya yang tidak sekelas dengan Google Adsense. Saat ini Google Adsense masih menjadi incaran para blogger untuk dapat memasang iklan ini karena income per klik yang terhitung cukup tinggi serta variasi iklan yang cukup lengkap dan bermutu yang menarik pengunjung untuk mengklik iklan tersebut. Namun belakangan ini, di Indonesia telah muncul sebuah program penyelenggara iklan yang kelak diprediksi dapat menjadi pesaing dari Google Adsense ini. Penyelenggara program iklan ini adalah idblognetwork.com. Bahkan saat ini idblognetwork.com telah dianggap sebagai penyelenggara iklan premium dan menjadi incaran bagi blogger di Indonesia karena penghasilan yang dapat diperoleh cukup fantastis. Ulasan mengenai situs penyelenggara iklan idblognetwork.com ini akan penulis ulas pada artikel tersendiri.

2. Pay Per Instal (PPI)

Selain ikut PPC, si blogger ini juga mengikuti PPI atau Pay Per Install dimana setiap sekali install blogger tersebut mendapat Dollar. Yang terendah saat ini untuk PPI adalah $0,3 per install jadi bayangkan kalau dalam sehari ia punya jumlah visitor sebanyak tadi.

Lalu bagaimana cara ia memasarkannya? Di program PPI kita diberikan banyak Marketing Tools, diantaranya seperti download player, download game, download movie, sampai download adult movie juga ada. Caranya kita buat tulisan tentang review film atau game, kemudian kita arahkan pengunjung untuk mendownloadnya dengan program yang harus diinstall tersebut.

PPI akan dibayar bila pengunjung menginstall program tersebut, jadi bila hanya download program itu tidak dihitung. Lalu bagaimana cara ia mengetahui jumlah pengunjung yang menginstall? tentu bisa karena pengunjung harus konek internet bila ingin menginstall programnya. Contoh PPA yang terkenal adalah Loudmo.

3. Cost Per Action (CPA)

Cost Per Action (CPA) atau biasa juga dikenal dengan istilah Pay Per Action (PPA). CPA biasanya berbentuk survey atau questioner dari pemerintah ataupun perusahaan yang menjual produk tertentu. Yang ini bayarannya luar biasa dan bervariasi tergantung penyedia survey, menurut pengalaman biasanya 1 bulan bisa lebih dari $200.

Caranya, setiap pengunjung yang datang diarahkan untuk mengisi survey tersebut hingga selesai. Apabila pengunjung tidak menyelesaikan survey tersebut, maka ia tidak akan dapat membuka halaman di blog kita tersebut. Untuk itu perlu kiranya kita menempatkannya di suatu halaman yang pengunjung sangat memerlukannya, misal download film atau software. Jadi apabila pengunjung tidak mengisi survey maka dia tidak dapat mendownload file yang diinginkannya tersebut. CPA yang terkenal sekarang adalah CPA Lead.

4. Paid To Review (PTR)

Sering orang keliru dan menganggap bahwa Paid To Review (PTR) sama dengan Cost Per Action (CPA), namun sebenarnya antara PTR dengan CPA adalah tidak sama. Program Paid To Review (PTR) adalah kita akan menerima pembayaran apabila kita membuat review atas suatu produk yang ditawarkan pemasang PTR, kemudian review atas produk tersebut kita tampilkan di suatu blog. Setelah dinilai layak oleh pemasang iklan PTR, barulah kita dibayar. Contohnya adalah PTR dari idblognetwork.com

5. Paid To Click

Paid To Click (PTC) berbeda dengan Paid Per Click (PPC) dimana itu kita memasang iklan dan dibayar kalau ada pengunjung (bukan kita sendiri) yang mengklik iklan tersebut, sedangkan PTC adalah suatu program dimana kita dibayar untuk mengklik sejumlah iklan, dan ini ada caranya juga biarkan iklan terbuka secara sempurna baru di close tapi kebanyakan memang susah untuk dipercaya maka saya tidak menganjurkan ini. PTC ini sebenarnya bukan merupakan monetize blog, karena kita mengklik iklan yang ada di blog milik orang lain. Namun kita juga dapat memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang dari PTC ini, yaitu dengan mengajak pengunjung untuk mendaftar ke program PTC tersebut sehingga menjadi downline kita (istilahnya referral). Apabila seorang referral meng-klik iklan, maka sebagian penghasilan akan menjadi bagian kita sebagai uplinenya secara otomatis.

No comments:

Post a Comment

Pasang Iklan Di Sini Rp 100.000

Mobil bekas Rumah dijual Kontak jodoh

Dapatkan Rekening Online - Paypal Mata Uang Rupiah di sini:

    Belajar Pajak

    Berburukuliner

    Berburu Kuliner

    Ilmu Buat Blog